Jual gula semut - Pelatihan Pembuat Gula Semut yang berkualitas

Jual gula semut - Pemerintah Provinsi Banten melewati Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup mengadakan tranning teknik pengolahan "Tuak Nira" pohon aren menjadi gula cetak dan mendaur menjadi gula semut berkwalitas.


Gula Semut Aren

Kegiatan yang dilakukan pada Kamis (26/4) kemarin dibuntuti para petani pengrajin gula aren dari anggota binaan Kelompok Usaha Bersama KUB Mitra Mandala.

Kelompok usaha bersama mempunyai nama Mitra Mandala berdiri semenjak 16 tahun kemudian di kampung / pedesaanHariang Kecamatan Sobang Lebak-Banten, keberadaanya sangat menolong para pengrajin gula lantaran kegiatan tersebut sebagai profesi beberapa besar warga.

Hingga sekarang Mitra Mandala semakin maju dibawah binaan Anwar selaku ketua kumpulan dan inisiator gula aren yang dikembangkan lewat produk unggulannya yaitu gula semut.

Anwar mempunyai kamampuan yang tidak butuh diragukan lagi dalam mengelola potensi sumber daya alam, pohon binal sejenis aren kini malah menjadi komoditas yang butuh dipertahankan supaya tidak punah.

Sekretaris Ormas Jarum Kecamatan Sobang Usman Baehaqi menuliskan aren tersebut ibarat pohon keramat yang butuh dijaga, kami diagungkan dan biayai oleh orang tua dari hasil guna pohon aren.

“Tentu kami tidak rela bila pohon aren dimanfaatkan dengan teknik ditebang laksana yang dilaksanakan oleh pengusaha sagu dan lain-lain,” paparnya.

Gula semut ialah gula merah yang didaur ulang dari gula merah cetak menjadi halus sejenis gula pasir. Namun yang unik dari gula semut produk Mitra Mandala ialah memiliki sekian banyak  item produk dan setiap kemasan memiliki kelebihan tersendiri laksana ; gula semut original guna bahan masak dan beda lain, gula semut jahe dan kunyit guna minuman sejenis kopi pada umumnya.

Gula aren atau gula merah adalahsalah satu produk unggulan dan ikon produk pribumi dari Provinsi Banten terutama Kabupaten Lebak dengan areal pohon aren terhampar luas dibeberapa kecamatan laksana ; Sobang, Malingping, Panggarangan, Cigemblong dan lainnya.

"Produksi gula semut kami Mitra Mandala tidak jarang kali sering mengekor event pameran diberbagai tingkatan dan hasilnya memuaskan. Selain tersebut produk kami sudah merambah pasar indonesia bahkan ekspor ke sekian banyak  negara laksana Abu Dhabi, India dan negara lainnya," menurut keterangan dari Anwar untuk mitrapol.com.

Masih menurut keterangan dari Anwar, kami terus membangun anggota supaya terus inginkan belajar dan berinovasi dalam mengbuat gula aren dengan prinsip mesti mengawal mutu dalam pengolahan secara higienis tidak terkontaminasi dari jenis kimia apapun.

Seiring dengan luasnya pasar industri gula semut dan tingginya permintaan dari sekian banyak  pasar baik dalam negri maupun ekpor, Pemerintah Provinsi Banten melewati Dinas Kehutanan (Dintan) dan Lingkungan Hidup mendorong tranning untuk segenap anggota dari sekian banyak  kelompok yang berada didalam himpunan Mitra Mandala.


Ir. Engkos Kusnandar Kabid Perencanaan dan Penguatan Hasil Hutan, ketika diwawancarai mitrapol.com usai penutupan acara tranning Kamis (26/4), menjelaskan bahwa tranning itu bertujuan supaya kelompok pengrajin gula bisa terus menambah mutu dan tau benar bagaimana teknik membuat gula semut yang berkualitas.

Turut muncul dalam acara itu Kepala UPT Pertanian, Mantri Tani kampung / pedesaandan PPL Pertanian Kecamatan Sobang untuk memberikan tuntunan sekaligus menghadiri acar penutupan tranning sistem pengolahan gula aren cetak menjadi gula aren semut dengan berbobot | berbobot | berkualitas Go Internasional.kan manfaatnya ialah produk kopi dan produk lainnya output kumpulan tani terjamin marketingnya. Selain tersebut pembinaan atau pendampingan teknis (pemenuhan spesifikasi produk) dapat dilaksanakan bekerja sama dengan pihak swasta. ( Info Kementan )

Comments

Popular posts from this blog

jual Gula semut - Ekspor Gula Serbuk alami

Bejat tontonan wanita seronok - Jual gula semut